Mentimun Pay adalah layanan uang elektronik berbasis mobile yang diterbitkan oleh PT Dinamika Mitra Sukses Makmur ("DMSM"). Mentimun Messenger adalah layanan chat berbasis mobile yang diterbitkan oleh DMSM. Rekening Mentimun Pay adalah rekening virtual uang elektronik yang dibuka oleh Pengguna yang disimpan pada server platform micropayment Mentimun Pay. Uang Elektronik adalah nilai uang yang tersimpan di dalam server/rekening Mentimun Pay dan dapat digunakan oleh Pengguna untuk melakukan Transaksi. Merchant adalah suatu pihak baik institusi, perusahaan maupun perorangan yang melayani Transaksi dengan menggunakan Mentimun Pay. Pengguna adalah pengguna/pemakai Mentimun Pay dan pemilik rekening Mentimun Pay. Mobile Number ("MN") adalah nomor selular yang digunakan oleh Pengguna untuk mengakses layanan Mentimun Pay. Telepon Telekomunikasi (Device) adalah handset, tablet, atau telepon telekomunikasi lainnya yang teknologinya mendukung (support) layanan Mentimun Pay dan menggunakan Operating System (OS) Android, atau operating system lainnya yang akan ada dikemudian hari yang memungkinkan Pengguna dapat menggunakan layanan Mentimun Pay. PIN (Personal Identification Number) adalah nomor identifikasi pribadi bagi Pengguna untuk mengakses layanan Mentimun Pay. Transaksi adalah transaksi yang dapat dilakukan oleh Pengguna melalui layanan Mentimun Pay, antara lain dan tidak terbatas pada Transaksi Pembayaran, pembayaran tagihan, kirim uang dan transaksi lainnya yang akan dikembangkan di kemudian hari. Transaksi Top-Up adalah transaksi pengisian untuk penambahan saldo ke rekening virtual Mentimun Pay. Transaksi Pembayaran adalah transaksi pembayaran barang dan/atau jasa di Merchant menggunakan Mentimun Pay. Redeem adalah pengambilan sisa saldo pada rekening Mentimun Pay yang telah ditutup.
    Mentimun Pay adalah sebuah layanan uang elektronik berbasis mobile yang dapat digunakan oleh Pengguna melalui smartphone miliknya. Seluruh pengguna nomor MN dari operator manapun baik pascabayar maupun prabayar dapat menjadi Pengguna Mentimun Pay. Untuk mengakses layanan Mentimun Pay, Pengguna wajib men-download dan menginstal aplikasi Mentimun Pay pada smartphone miliknya dan kemudian melakukan aktivasi melalui aplikasi Mentimun Pay tersebut. Setiap Nomor MN hanya dapat digunakan untuk 1 (satu) rekening Mentimun Pay. Pengguna dapat melakukan Transaksi sepanjang saldo Uang Elektronik yang terdapat dalam rekening Mentimun Pay mencukupi. Tidak ada batasan minimum saldo yang harus tersisa dalam rekening Mentimun Pay. Untuk dapat menggunakan layanan Mentimun Pay, wajib dipastikan sebagai berikut:
    Nomor MN atau nomor smartphone harus aktif (tidak terblokir) untuk bisa menerima SMS Jaringan data internet tersedia. Saldo Mentimun Pay mencukupi untuk melakukan Transaksi.

Mentimun mengumpulkan Data Pengguna yang diberikan pada saat menggunakan fasilitas Mentimun. Data tersebut dapat berupa nama, alamat, nomor telepon, atau alamat email Pengguna. Mentimun juga mengumpulkan informasi yang terhubung pada Data Pribadi Pengguna, termasuk username, alamat IP, dan password, serta preferensi pencarian terkait pada pencarian spesifik.

  1. Aplikasi Mentimun Pay ini di desain terintegrasi dengan Mentimun.

  2. Pengguna Mentimun Pay pertama kali harus mendownload dan install aplikasi Mentimun terlebih dahulu melalui smartphone miliknya yang tersedia pada Google Play Store (untuk Android).

  3. Setelah terinstall Pengguna harus melakukan registrasi di Mentimun terlebih dahulu. Registrasi ini akan membutuhkan data Pengguna seperti nomor MN, alamat email dan data lainnya. Pastikan nomor MN tersebut aktif karena akan digunakan untuk menerima password dalam bertransaksi di Mentimun Pay

  4. Sebelum aktivasi Akun, melalui aplikasi Mentimun dan di menu ikon Mentimun Pay pengguna akan di rujuk ke Google Play Store untuk mendownload aplikasi Mentimun Pay apabila belum pernah menginstall aplikasi tersebut.

  5. Setelah aplikasi Mentimun Pay terpasang, Pengguna dapat melakukan proses aktivasi dengan memasukkan pilihan (6 digit angka). PIN ini merupakan fitur keamanan dalam bertransaksi.

  6. Setelah proses aktivasi berhasil, maka Pengguna dapat mengakses layanan Mentimun Pay.

Rekening Mentimun Pay milik Pengguna akan selalu berlaku dan aktif selamanya dengan syarat nomor Handphone yang teregistrasi juga aktif. Terkecuali apabila ada penutupan sepihak dari DMSM dengan alasan tertentu lebih lanjut.

    Pengguna Mentimun Pay dapat melakukan tipe transaksi untuk mendukung aktifitas belanja dan pembayaran sebagai berikut:

    Isi saldo Mentimun Pay dari ATM & Cash melalui Agent Pembayaran tagihan belanja Mentimun. Kirim Uang ke sesama pemilik Mentimun Pay. Penarikan tunai*. Cek saldo dan riwayat transaksi Mentimun Pay.

    Saldo uang elektronik yang tersimpan dalam rekening virtual Mentimun Pay:

    Bukan merupakan Produk Finansial Simpanan sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang tentang Perbankan dan Undang-Undang tentang Perbankan Syariah; Tidak termasuk yang dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan sebagaimana diatur dalam Undang-Undang tentang Lembaga Penjamin Simpanan; dan Pengguna dapat mengecek saldo Mentimun Pay melalui aplikasi Mentimun Pay dan dapat melihat dan mengunduh atau mengirimkan riwayat transaksi finansial via email.

    Melalui ATM Bank :

    Di ATM atau Elektronik Banking atau Mobile Banking, masukkan PIN Anda. Di menu utama, pilih Transaksi Lainnya. Pilih menu Transfer. Pilih Transfer Rekening Bank Lain. (Jika bukan ATM Bank Permata) Masukkan kode Bank 013 untuk bank Permata lalu tekan benar. (Jika bukan ATM Bank Permata) Masukkan jumlah uang sesuai dengan tagihan tanpa pembulatan. Pembayaran untuk dua atau lebih pesanan harus dilakukan secara terpisah. Masukkan Kode Virtual Account (16 digit nomor) yang anda miliki. (Letak nya ada pada bagian Mentimun Pay Profile). Maka pada layar konfirmasi akan muncul detil informasi jumlah pembelian dan informasi rekening atas nama PT. Dinamika Mitra Sukses Makmur. Setelah itu tekan "BENAR". Simpanlah struk transfer tersebut sebagai bukti pembayaran anda.

    Melalui Agent (Mitra) :

    Pilih dan komunikasi dengan Agent Mentimun yang anda kenal. Lakukan permintaan Transfer kepada Agent. Agent melakukan command transfer. Pada sisi Agent akan mendapatkan notifikasi transaksi transfer. Pada menu Mentimun Pay dashboard, silahkan tekan tombol refresh. Saldo anda akan bertambah. Pembayaran Cash kepada Agent.
    Fitur ini dapat dilakukan oleh Pengguna melalui aplikasi Mentimun Pay sebagai Pengiriman uang elektronik ke sesama Pengguna Mentimun Pay. Dana akan diterima secara real-time dan disertakan dengan notifikasi aplikasi dan history transaksi. Penerima saldo transfer bisa lakukan refresh secara manual menu icon saldo balance di Mentimun Pay.
    Jumlah minimal tarik saldo yaitu sebesar Rp 50.000 dan dilakukan melalui MENTIMUN PAY. Tarik saldo dapat dilakukan setiap hari (1x sehari) selama jumlah minimum pencairan tercukupi Tarik saldo diproses hanya di hari kerja. Apabila proses transfer sudah dilakukan namun mengalami kegagalan, maka MENTIMUN akan memproses kembali. Dealer disarankan menggunakan rekening Bank Permata dalam proses tarik saldo. Selain Bank Permata akan dikenakan biaya transfer antar bank sebesar Rp 4.000 atau sesuai ketentuan masing-masing bank penerima. Dealer akan menerima dana maksimal H+2.
    PIN (Personal Identification Number) diperlukan untuk melakukan Transaksi sebagai keabsahan atau verifikasi bahwa Transaksi benar-benar dilakukan oleh Pengguna. PIN dapat diganti atau di-reset oleh Pengguna melalui aplikasi Mentimun Pay bagian Menu Ganti PIN. Untuk proses ganti PIN, kode verifikasi untuk pembuatan PIN baru akan dikirimkan via email ke alamat email Pengguna yang sebelumnya telah didaftarkan pada saat aktivasi Mentimun Pay pertama kali. Apabila Pengguna telah lupa alamat email, Pengguna dapat menghubungi Call Center DMSM. Pengguna wajib menjaga kerahasiaan PIN dan sepenuhnya bertanggung jawab atas penggunaan layanan Mentimun Pay.

Biaya-biaya seperti pada tabel berikut ini adalah biaya-biaya yang akan dipotong langsung dari saldo Mentimun Pay Anda sehubungan dengan penggunaan layanan Mentimun Pay:

Jenis Layanan

Biaya (Per Transaksi)

RegistrasiGratis
Ugrade AkunGratis
Top Up Saldo*Gratis
Cek SaldoGratis
Lihat LaporanGratis
Pembayaran MerchantRp. 5.000
Transfer SaldoGratis
Tarik TunaiRp. 5.000
    Biaya Isi Saldo melalui jaringan ATM Bersama/ALTO/PRIMA kemungkinan dibebankan oleh bank pengirim yang besarnya ditentukan oleh bank pengirim tersebut. Biaya-biaya di atas dapat berubah sewaktu-waktu dan perubahannya akan diinformasikan pada media komunikasi yang ditentukan oleh DMSM.

    Rekening Mentimun Pay dapat terblokir:

    Apabila Pengguna memasukkan PIN yang salah selama 5 (lima) kali berturut-turut; Apabila diminta oleh Pengguna atau oleh DMSM baik dengan atau tanpa pemberitahuan kepada Pengguna atas suatu alasan tertentu.

    DMSM berhak untuk memblokir rekening Mentimun Pay milik Pengguna secara sepihak baik dengan atau tanpa pemberitahuan:

    Atas permintaan otoritas negara atau otoritas penegak hukum yang berwenang; atau Apabila Pengguna melakukan pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan Penggunaan Mentimun Pay; atau Apabila Pengguna memberikan informasi yang tidak benar atau menyesatkan pada saat Registrasi Mentimun Pay; atau Apabila terdapat indikasi penyalahgunaan Mentimun Pay untuk kegiatan yang melanggar hukum.

    Pembukaan blokir dapat dilakukan dengan melakukan permintaan ke Call Center DMSM atau Gallery DMSM dengan syarat:

    Rekening Mentimun Pay tidak terblokir secara permanen; atau Disetujui oleh pihak penerbit.

    Bagi rekening Mentimun Pay yang telah ditutup secara permanen:

    Data informasi Pengguna akan disimpan dalam arsip elektronik; Rekening Mentimun Pay dengan nomor MN yang sama dapat dipergunakan oleh Pengguna Mentimun Pay yang baru dan Pengguna yang baru tersebut harus melakukan aktivasi rekening Mentimun Pay dari awal.
    Pengguna dapat mengajukan permohonan penutupan rekening Mentimun Pay dan pengembalian saldo melalui Call Center DMSM atau pada Gallery DMSM yang ditunjuk. Ketentuan mengenai Redeem mengacu kepada kebijakan dan ketentuan DMSM yang berlaku. Rekening Mentimun Pay yang telah ditutup secara permanen tidak dapat diaktifkan kembali dan Pengguna tidak dapat mengakses layanan Mentimun Pay.
    Untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan data Pengguna, Pengguna wajib mengingat dan menjaga kerahasiaan informasi data Pengguna yang dimilikinya (antara lain namun tidak terbatas pada nomor MN yang digunakan, nomor handphone alternatif yang didaftarkan untuk kegunaan penggantian PIN, nama panggilan yang didaftarkan, PIN, atau data lainnya yang diberikan oleh Pengguna/diterima oleh Pengguna terkait untuk pelaksanaan Transaksi) maupun segala aktivitas/Transaksi yang terjadi/dilakukan oleh Pengguna dan tidak memberitahukannya kepada pihak manapun. Pengguna bertanggung jawab sepenuhnya atas segala akibat dan resiko yang timbul sehubungan dengan kelalaian Pengguna dalam menjaga kerahasiaan informasi data akun yang dimilikinya. Pengguna wajib menjaga nomor MN dan nomor handphone alternatif miliknya dari antara lain kehilangan/kerusakan, mencegah agar nomor MN miliknya tidak disalahgunakan oleh pihak lain/dipalsukan. Pengguna dengan ini mengetahui dan menyetujui DMSM tidak dapat dimintai pertanggung jawaban oleh Pengguna dan atau pihak manapun atas hal-hal yang terjadi di luar kesalahan dan atau kelalaian DMSM, termasuk tetapi tidak terbatas pada:
    Kehilangan atau kerusakan handphone/Smartphone/Telepon Telekomunikasi, maupun nomor MN; Segala kerugian sebagai akibat dari penggunaan Mentimun Pay yang terindikasi melanggar hukum dan atau penyalahgunaan oleh pihak yang tidak berwenang; Segala kerugian dan atau kerusakan karena tidak beroperasinya dan atau terdapat gangguan yang terkait Force Majeure seperti yang tertera pada Pasal Force Majeure.
    Apabila Pengguna kehilangan Smartphone, baik karena dicuri, hilang, atau sebab apapun, Pengguna wajib segera menghubungi Call Center DMSM untuk dapat segera dilakukan pemblokiran rekening Mentimun Pay. Pengguna dengan ini membebaskan dan melepaskan DMSM dari segala resiko dan akibat yang dialami oleh Pengguna sehubungan dengan kehilangan nomor MN atau nomor handphone alternatif tersebut maupun kelalaian Pengguna dalam memenuhi ketentuan ayat ini dan karenanya hal tersebut menjadi resiko dan tanggung jawab sepenuhnya dari Pengguna. Pengguna dengan ini mengetahui dan menyetujui aplikasi Mentimun Pay merupakan milik DMSM sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku di Indonesia, dan karenanya penggunaan layanan yang terdapat pada aplikasi Mentimun Pay ini tidak dapat dianggap sebagai pengalihan hak kepemilikan kepada Pengguna. Pengguna dengan ini mengetahui dan menyetujui penggunaan layanan Mentimun Pay ini tunduk pada termasuk tapi tidak terbatas pada Syarat dan Ketentuan Penggunaan Mentimun Pay ini, maupun ketentuan peraturan yang berlaku di Indonesia dari waktu ke waktu tentang Uang Elektronik. DMSM atas pertimbangannya sendiri berhak untuk menolak pengajuan pendaftaran layanan Mentimun Pay oleh Pengguna tanpa menginformasikan alasan ataupun penyebab ditolaknya pengajuan tersebut. Pengguna dengan ini wajib melakukan pengecekan dan memastikan segala informasi data yang di-input pada saat melakukan Transaksi adalah benar. Oleh karenanya, Pengguna membebaskan dan melepaskan DMSM dari segala tuntutan, gugatan dan /atau ganti kerugian dari Pengguna maupun pihak manapun dan dalam bentuk apapun sehubungan dengan kelalaian Pengguna memenuhi ketentuan ayat ini. Apabila Transaksi telah selesai, Pengguna dengan ini mengetahui dan menyetujui bahwa transaksi TIDAK DAPAT dibatalkan dengan alasan apapun dan Transaksi akan tetap diproses sesuai dengan informasi data yang telah di-input oleh Pengguna. Pengguna dapat dikenakan biaya-biaya tertentu terkait dengan penggunaan layanan Mentimun Pay kepada Pengguna sesuai dengan ketentuan yang berlaku di DMSM, termasuk namun tidak terbatas pada biaya Transaksi, biaya short message service (SMS), dan biaya lainnya yang akan diinformasikan kepada Pengguna melalui media komunikasi yang digunakan untuk produk Mentimun Pay. Penggunaan layanan aplikasi Mentimun Pay menggunakan fasilitas layanan data, oleh karenanya Pengguna akan dikenakan tarif akses data yang fasilitas, biaya dan ketentuan penggunaannya diatur oleh operator selular yang digunakan oleh Pengguna. Dalam hal terjadi gangguan teknis pada jaringan (network) atau sedang dilakukannya peningkatan, perubahan, perbaikan dan atau pemeliharaan jaringan (network) yang mengakibatkan terganggunya layanan Mentimun Pay, maka DMSM akan melakukan penanganan dan perbaikan segera atau maksimum dalam 7 (tujuh) hari kerja dan dalam hal ini Pengguna akan menerima notifikasi dari DMSM atas terganggunya layanan tersebut. Dalam hal terjadinya kesalahan sistem oleh sebab apapun yang mengakibatkan terganggunya layanan Mentimun Pay atau kesalahan pelaksanaan atas layanan atau transaksi Mentimun Pay yang bukan disebabkan oleh Pengguna, maka DMSM akan melakukan perbaikan secepatnya atas kesalahan tersebut dalam 3 (tiga) hari kerja atau maksimum dalam 7 (tujuh) hari kerja sejak ditemukannya kesalahan tersebut.

    Tidak dilaksanakannya atau tertundanya pelaksanaan sebagian atau keseluruhan kewajiban berdasarkan Syarat dan Ketentuan Penggunaan Mentimun Pay ini oleh DMSM, tidak dianggap sebagai pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan Penggunaan Mentimun Pay apabila hal tersebut terjadi karena keadaan diluar kendali DMSM (Force Majeure), termasuk tapi tidak terbatas pada:

    Bencana alam, Peristiwa kebakaran, pemogokan, perang, huru-hara, pemberontakan atau tindakan militer lainnya, Tindakan pihak/instansi yang berwenang yang mempengaruhi kelangsungan penyelenggaraan jasa telekomunikasi, Tindakan pihak ketiga yang menyebabkan DMSM tidak dapat memberikan jasa telekomunikasi, dan Adanya keputusan atau perubahan keputusan yang berdampak pada pelaksanaan layanan Mentimun Pay ini, termasuk diantaranya perubahan pemberlakuan tarif kepada Pengguna.
    DMSM sangat peduli pada keamanan dan kenyamanan Pengguna pada saat melakukan Transaksi dengan Mentimun Pay. Oleh karena itu, DMSM memiliki sistem keamanan pada saat Pengguna melakukan Transaksi untuk memberi kepastian kepada Pengguna bahwa Transaksi dan informasi Pengguna aman. DMSM menggunakan server yang aman untuk menjaga keamanan kerahasiaan informasi Pengguna. Seluruh informasi yang bersifat sensitif dikirimkan melalui teknologi Secure Socket Layer (SSL) antara server, dimana data tersebut hanya dapat di akses oleh personel yang memiliki otorisasi khusus yang diharuskan untuk tetap menjaga kerahasiaan informasi-informasi tersebut. Mentimun Pay ini dilengkapi dengan fitur One Time Password (OTP) untuk setiap transaksi pembayaran dan transfer oleh pengguna. Pastikan PIN milik Pengguna tidak diketahui oleh siapapun, untuk menghindari adanya penyalahgunaan oleh pihak lain.
    Sehubungan dengan pelaksanaan Transaksi yang dilakukannya, Pengguna dengan ini menyatakan dan menjamin telah membaca, mengerti, dan menyetujui seluruh isi Syarat dan Ketentuan Penggunaan Mentimun Pay ini. Pengguna dengan ini menyatakan dan menjamin untuk bertanggung jawab sepenuhnya terhadap nomor MN dan nomor handphone alternatif yang berada di bawah penguasaannya dan kerahasiaan informasi data miliknya terkait untuk penggunaan layanan Mentimun Pay. Pengguna dengan ini menyatakan dan menjamin untuk bertanggung jawab sepenuhnya terhadap segala penggunaan layanan Mentimun Pay, termasuk tapi tidak terbatas pada setiap resiko dan/atau kerugian yang muncul apabila terjadi penyalahgunaan oleh Pengguna dan/atau pihak ketiga yang didasarkan oleh alasan dan/atau sebab apapun sebagai akibat langsung maupun tidak langsung dari penggunaan layanan Mentimun Pay. Pengguna dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa data-data yang diberikan / diisi pada saat Pengguna melakukan registrasi/pendaftaran adalah benar/akurat dan lengkap dan memastikan bahwa informasi yang diberikan tersebut akan selalu up to date. Segala dokumen yang telah diserahkan kepada DMSM baik berupa hardcopy ataupun softcopy akan didokumentasikan oleh DMSM dan tidak dapat dikembalikan dengan alasan apapun. Pengguna setuju untuk membebaskan dan melepaskan DMSM dari segala tuntutan, gugatan, dan/atau ganti kerugian dari pihak manapun sehubungan dengan kelalaian Pengguna dalam memenuhi ketentuan pernyataan dan jaminan ini.
    Pengguna dapat membaca Syarat dan Ketentuan Penggunaan Mentimun Pay dengan lebih lengkap dan mengetahui informasi ter-update mengenai layanan Mentimun Pay. Dengan melakukan Transaksi melalui Mentimun Pay ini, Pengguna menyatakan setuju untuk tunduk dan terikat Syarat dan Ketentuan Penggunaan Mentimun Pay. Syarat dan Ketentuan Penggunaan Mentimun Pay ini tunduk, diatur, dan diimplementasikan menurut hukum Republik Indonesia. Apabila terjadi perselisihan dalam penafsiran dan pelaksanaan Syarat dan Ketentuan Penggunaan Mentimun Pay ini, DMSM dan Pengguna sepakat untuk menyelesaikannya secara musyawarah untuk mufakat. Pengguna dapat menghubungi Call Center DMSM / Gallery DMSM atau melihat aplikasi dan website Mentimun Pay untuk mengetahui informasi mengenai produk dan layanan Mentimun Pay. Pengguna akan menerima pemberitahuan mengenai produk atau layanan atau promosi terkini dari Mentimun Pay melalui media komunikasi pribadi seperti Google Message atau melalui aplikasi Mentimun Pay. Jika Pengguna tidak berkenan untuk menerima pemberitahuan tersebut maka Pengguna dapat mengajukan ke Call Center DMSM atau Gallery DMSM.